Contoh Gerakan Sit-up Yang Baik untuk Melatih Otot Perut


Bagaimana Cara Melakukan Sit-up untuk Melatih Otot Perut

Cara untuk melakukan sit up dengan baik dan benar-benar dapat melatih otot-otot perut dan membentuk sixpack. Beberapa orang mengatakan untuk mengecilkan perut, Anda harus melakukan sit up. Pernyataan ini salah, karena sit up tidak dapat membakar lemak. Tapi sit up berfungsi untuk memahat perut menjadi lebih indah.

Jadi bagi Anda yang masih memiliki lemak perut langkah pertama yang harus dilakukan adalah membakar lemak perut tersebut. Latihan cardio terlebih dahulu seperti lari atau jogging, bersepeda dan renang.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai latihan sit up :
  • Mintalah bantuan teman jika Anda merasa kesulitan menjaga tumit dalam rangka untuk tetap di atas lantai.
  • Mengatur pola pernafasan yang benar pada saat melakukan sit up, hembuskan napas melalui mulut saat mengangkat tubuh dan tarik napas melalui hidung ketika tubuh turun.
  • Untuk pemula atau baru memulai sit up, Anda tidak harus berlebihan dan lakukan hanya beberapa kali sehingga otot-otot tidak terejut/tertarik.
  • Setelah perut yang kuat, Anda dapat menambahkan berbagai variasi gerakan dan jumlah porsi repetisi latihan. Tapi jangan berlebihan ketika melakukan latihan.
  • Menghindari latihan sit up jika Anda didiagnosis osteoporosis, karena gerakan menekuk tulang belakang dalam posisi sit-up dapat meningkatkan stres pada tulang dan berada pada risiko mengalami patah tulang disebabkan oleh tekanan.

Bagaimana untuk melakukan Sit up baik dan benar

  • langkah awal, menekuk lutut dengan bola kaki dan tumit rata ke tanah.
  • tempatkan tangan di bahu yang berlawanan, sehingga kedua lengan Anda menyeberangi dada, di atas atau di belakang kepala seperti yang terlihat dalam gambar di atas. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencapai titik pusat kenaikan.

Cara Melakukan Sit-up untuk mengecilkan perut
  • mengencangkan otot perut secara perlahan dengan cara menarik pusar ke arah tulang belakang.
  • sementara menjaga tumit tetap di lantai dan jari-jari kaki datar ke lantai, perlahan dan dengan lembut mengangkat kepala pertama, diikuti oleh tulang belikat.  Fokus mata Anda pada lutut Anda saat membungkuk, sementara kontraksikan otot perut dengan perlahan. Tarik tubuh Anda dari lantai sampai mencapai sudut 90 derajat, atau ketika siku mencapai atas, atau melewati lutut.
  • tetap dalam posisi duduk sejenak. Perlahan-lahan rendahkan tubuh Anda kembali ke lantai tapi cobalah agar punggung tidak menempel kembali ke lantai tapi sedikit melengkung dengan jarak beberapa sentimeter di atas lantai.
  • Ulangi langkah 3 hingga 5 untuk melanjutkan latihan. Jika Anda baru saja mulai melakukan sit up, kerjakan latihan hanya 2 - 3 kali dan secara bertahap tambah jumlah dari waktu ke waktu, apabila kekuatan tubuh Anda meningkat. Mudah-mudahan Anda juga bisa menurunkan berat badan!

Variasi gerakan Sit up


Jack Knife Sit up

 
melatih otot perut

Oblique Sit up


cara mengecilkan perut

Bicyle Crunch


perut sixpack

Reverse Crunch


olahraga mengecilkan perut

 

Kesalahan umum sering terjadi ketika melakukan sit up


Jika Anda memilih untuk menempatkan tangan di belakang kepala sambil melakukan sit up latihan, Anda tidak harus mendorong kepala ke depan sambil mengangkat tubuh. Ini sering terjadi secara tidak sadar ketika Anda mulai kelelahan. Pastikan kepala tetap lurus ketika berlatih.

Jangan mencoba untuk menyentuh dahi pada lutut. Karena dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada bagian bawah punggung.

Ketika Anda tidak bisa menjaga kaki Anda tetap di lantai, Anda biasanya akan menghabiskan energi ekstra untuk melakukan sit up. Dan sebagian dari upaya ini bergantung pada kekuatan paha dan bukannya perut yang menjadi sasaran latihan. Jadi Anda tidak akan mendapatkan efek maksimum latihan perut ini.

Satu-satunya cara untuk membangun otot adalah memaksa otot-otot melampaui batas-batas daya tahan. Namun perlu diingat, ketika Anda melakukan sit-up ke titik Anda mulai merasakan sensasi sengatan di perut, maka Anda telah berlatih terlalu keras.

Kami merekomendasikan bahwa Anda segera berhenti karena kondisi tubuh Anda mulai menurun dan Anda tidak akan mampu melakukan sit-up dengan benar.
Baca juga:

Terimakasih telah membaca Contoh Gerakan Sit-up Yang Baik untuk Melatih Otot Perut

Silahkan Share :